Yang langka terjadi dalam pesawat

IMG_0649

Setiap kali  naik pesawat terbang, pramugari selalu memeragakan cara cara penyelamatan diri apabila terjadi hal hal darurat,sebelum pesawat tinggal landas. Prosedur wajib yang selalu dilakukan; buka tutup sabuk pengaman, pemakaian pelampung darurat dan masker oksigen.

Tapi baru satu kali saya benar benar mengalami masker oksigen turun dari atap pesawat, saat mendarat di bandara Inca Manco Capac Juliaca, Peru. Entah karena memang saat itu kadar oksigen dalam cabin sangat rendah mengingat kota Juliaca berada diketinggian 3.825m diatas permukaan air laut, ataukah ada yang salah pada teknisnya, tapi kejadian itu cukup mengagetkan.

Pesawat waktu itu tidak terlalu penuh, dan kelihatannya semua penumpang domestik. Mereka tidak terlihat terlalu terkejut dengan kejadian itu, jadi saya juga tidak khawatir berlebihan.

Lain kesempatan saya naik pesawat entah tujuan mana di Eropa, setelah duduk rapih ketika mendongak keatas, astaga….banyak tambalan sticker aluminium dibagian bawah compartemen tempat tas diatas tempat duduk penumpang. Sepanjang terbang saya hanya dapat berdoa semoga itu bukan kesalahan fatal.

IMG00067-20100904-1220

Advertisements

25 thoughts on “Yang langka terjadi dalam pesawat

  1. Walah mba Fe ngerinya terutama yg tambal-tambalan itu..! Aku yg paling ngeri tuh (semoga gak ada yg lebih ngeri dari ini) pas pertama kali mendarat di Bogota pake Avianca Airlines, malam hari cuaca angin kencang + hujan besar, pesawat agak oleng kena angin pas cari-cari runway trus hard landing gak parah sih cuma cukup keras utk bikin satu kap lampu di cabin aisle copot dan jatuh ke lantai. Ini kebetulan kap lampu yg dekat / di atas kepala saya pula..whoaaa..!!!

    Like

    • Aduh…lampu yang di aisle? kan sepanjang aisle semua hidden lamp? kok bisa sampai jatuh…hebat juga dong bantingannya. Syukur lah selamat. Memang mba selalu bilang orang rumah, tolong restui dan hargai hobby mba yang nekat ini, jangan kuatir dan diberat beratin. Serahkan semua ketangan Tuhan, biar Dia yang melindungi selama perjalanan. Itu aja kuncinya..

      Liked by 1 person

      • Ini pesawat yg tipe lampunya tuh individual dan ada kapnya, mba.. Yang jatuh yg di deket saya aja, dan kapnya aja.. Tapi tetep kaget.., soalnya bantingan roda pesawat lumayan berasa.. Iya mba Fe kalo udah ada di awang-awang gitu saya berasa kecil banget.. Perasaan takjub dan ngeri dan pasrah campur aduk..

        Like

      • jadi pengalaman seru ya..pernah ngalamin cover lampu lepas hahaa….ngomong2 soal landing, diluar faktor cuaca lho …pilot2 penerbangan asia paling smooth landingnya daripada pilot2 airline luar asia. pengalaman yg paling jempolan, waktu pakai Vietnam Airlines, landingnya ga ada hentakan sama sekali…luar biasa..2x terbang mulus banget..salut ga pernah ngalamin yg kyk gitu seumur umur..

        Like

      • Oh gitu ya mba.., saya sih kemana-mana seringnya pake airlines dari Asia biarpun ke benua lain.. Kalo kata suamiku, airlines yg dari Asia servic-nya juga lebih bagus.. Saya pernah iseng baca-baca tentang airlines dunia, dari beberapa website yg dianggap kompeten, airlines dari Asia tampaknya selalu merajai top 20 yg paling bagus..

        Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s