La Boca Buenos Aires… tango dan sepak bola

La-Boca-District-Argentina

La Boca memiliki daya tarik tersendiri untuk wisatawan sekalipun sejatinya berupa pemukiman petak petak kecil dan padat  dikawasan Selatan Buenos Aires. Rumah rumah dikawasan itu berdinding papan atau seng gelombang, semula memang dibangun dan dihuni pekerja kasar pelabuhan , kemudian dinding itu dicat warna warni menggunakan cat cat sisa kapal. Jangan  bicara soal desain bangunannya….dari segi pandang arsitektur jelas acak acakan, menjadi unik karena berbagai macam komponen material, warna , unsur  dan detail campur jadi satu.

Mayoritas penghuni wilayah ini adalah imigran dari Genoa Italy, bahkan sekarang setelah banyak yang mengalami perubahan fungsi masih tetap di dominasi dengan unsur Italy, termasuk menu pizza banyak ditawarkan di cafe cafe disana. Wilayah ini dikenal agak ‘bahaya’ untuk kalangan turis, karena itu saya memilih ikut walking tour gratis yang berangkat dari plaza dikawasan San Telmo, daerah aman berbatasan dengan La Boca. Kenapa dibilang bahaya karena dari sejarahnya dulu daerah itu sarang pemberontak kaum Genoa yang meminta otoritas khusus bahkan mereka memproklamirkan daerah mulut sungai itu dengan nama Republica de La Boca, punya presiden juga. Pernah mengalami  suatu era La Boca menjadi tempat pembuangan budak kulit hitam. Tetapi sekarang La Boca sudah menjadi tempat yang agak lebih ramah,  Caminito Street dipenuhi  cafe dengan  ‘tarif turis’ , pelukis jalanan dan seniman bohemian yang menggelar karyanya.

Caminito ini juga menjadi tempat yang asik buat ber’tango’ baik di cafe ataupun dijalanan. Ada musik dari compo yang di stel keras dipinggir jalan, atau diiringi pemain akordeon, lalu ada yang ‘ngamen’ dengan berdansa tango *menggelar topi didekat mereka menari*, yang lewat juga boleh spontan ikutan dansa, yang mau belajar  gratis dijalanan juga bisa….betah rasanya menonton kaki kaki lincah melakukan gerakan voleo, gancho, ocho, plano , giro, sacada dan lain lainnya. Saya memang pecinta Tango Argentine, sampai sekarang masih terus belajar mati matian untuk bisa melakukan gerakan mulus dan indah…sulit . Di Caminito Street ini lagu lagu Carlos Gardel bergema dimana mana, dia penyanyi lagu2 tango pujaan orang Argentina, walaupun aslinya imigran kelahiran Perancis. Bahkan poster posternya dipasang di cafe, dilukis didinding bangunan, pokoknya penyanyi legendaris walaupun sekarang sudah meninggal. Di cafe cafe daerah dekat San Telmo, kelas dan harganya lebih tinggi lagi, musiknya life dan yang pasti ada akordeon. Satu hal lagi yang top dari distrik ini, La Bombonera stadion berbentuk kotak coklat raksasa…stadionnya Boca Juniors, disitu tercetak pemain pemain top sepak bola…diantaranya Diego Maradona. Saya tidak bisa cerita banyak soal sepak bola  karena sangat tidak hobi..

Advertisements

17 thoughts on “La Boca Buenos Aires… tango dan sepak bola

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s