Ke Copacabana atau Ipanema?

P1000074

Bila menyebut Rio de Janeiro Brazil, selain sepak bola dan carnival Mardi Gras, pasti orang  akan mengingat Copacabana dan Ipanema.  Dua pantai yang menghadap ke Samudra Atlantic ini mempunyai daya tarik luar biasa bagi pelancong dari seluruh dunia maupun penduduk lokal. Dua lagu terinspirasi dari Copacabana dan Ipanema. Dua pantai ini berada didalam kota Rio de Janeiro sehingga mudah dicapai dengan bus, atau jalan kaki dari hotel dan penginapan yang banyak bertebaran disepanjang garis pantai. Pantai yang luas , bersih dengan broadway yang lebar disisinya, lalu masih ada jalur sepeda dua arah baru kemudian Avenida (jalan raya). Pattern broadway berupa mosaic berbentuk gelombang menjadi icon disemua tempat wisata di Brazil, baik dipantai maupun di plaza plaza dikota kota lainnya.

Siang hari dimusim panas selalu penuh dengan kegiatan berjemur dan berenang, sedangkan malam hari diwarnai dengan pesta pesta pantai yang heboh. Bahkan dimusim dingin resto dan cafe ditepi pantai banyak yang hanya buka malam hari. Sarana toilet, shower dan locker tersedia dibeberapa tempat dan berada di bawah broadway.  Selain itu ada tiang dan net untuk volley pantai dan arena anak2 untuk bermain pasir yang dibatasi dengan jaring pengaman.Karena mayoritas pengguna kedua pantai ini adalah aktivitas berenang, ada banyak beach guard yang selalu stand by di menara posnya. Ada juga papan (sponsor) yang menampilkan temperatur, kelembaban udara dan tanda aman/tidak aman untuk berenang pada saat itu berdasarkan ramalan cuaca.

Disepanjang pantai juga terlihat banyak yang membuat istana mini dan figur2 lain untuk dikagumi orang yang berjalan jalan di broadway. Bikinnya niat sekali, ada yang pakai air mancur, danau kecil dan detail sekali. Ujung ujungnya disetiap tontonan itu ada ember, toples atau topi buat menampung uang untuk yang motret2 disitu. Bahkan mas mas yang menjaga itu mau bantu kalau kita sendirian dan ingin foto2 di karyanya . Saya masih agak agak trauma menyerahkan kamera ketangan orang lain, karena kamera itu baru beli di Rio de Janeiro setelah dua hari sebelumnya kamera saya raib dijambret orang di Obelisk  Buenos Aires.

Saya mengalami badai pasir di Copacabana ketika berjalan dipantai saat masih pagi dan sepi, tiba tiba terdengar suara gemuruh dari arah laut, seketika pasir ditepian air terangkat dan bergerak cepat kearah daratan, langsung saya berbalik badan, jongkok sambil memegangi topi supaya tidak terbang. Selang beberapa detik terasa pasir menampar punggung, ketika terpaan pasir sudah mereda baru saya berani membuka mata dan melihat pasir2 terus bergerak ke bangunan diseberang jalan. Itu terjadi beberapa kali, lalu saya memutuskan kembali ke hostel dan mandi lagi, karena seluruh rambut saya bercampur pasir. Bahkan setelah mandi keramas, pasir masih ada saja yang terasa ketinggalan, dibelakang telinga, di mulut dan hidung. Setelah bersih saya balik ke Copacabana penasaran ingin melihat nasib istana2 pasir yang kemarin saya foto foto menghabiskan sekian puluh Reais. Ternyata masih utuh tidak hancur lebur, pantas kemarin saya lihat mas yang jaga selalu menyiramkan air ke patung patungnya, sehingga padat. Membandingkan Copacabana dan Ipanema, secara umum Copacabana lebih ramai dan padat pengunjung, sementara Ipanema suasananya lebih kelihatan exclusive. Malam hari juga begitu, pesta2 di Copa lebih banyak yang muda muda dan heboh dandanannya, sedangkan Ipanema pengunjungnya lebih anggun . Gambaran umumnya Copacabana dan Ipanema sama sama menyehatkan buat konsumsi mata. Ya pengunjungnya, ya dandanannya juga tingkahnya, walaupun pasir pantainya masih kalah halus dan putih dibanding pantai pantai di Indo.

Advertisements

14 thoughts on “Ke Copacabana atau Ipanema?

  1. wadoww mbak, saya ngiler sendiri membaca petualangan2 mbak. Kayaknya bentar lagi kutub utara deh yang mbak jalani. Hehehe.
    btw, salam kunjungan nih mbak. 🙂

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s