Cataratas Iguaçu wilayah Brazil

Masih tentang air terjun Iguaçu, pada hari berikutnya saya janjian dengan M untuk sama sama menjelajah Iguaçu dari sisi Brazil. Kami ketemuan di halte yang kemarin, lalu berangkat ke terminal bus untuk naik yang jurusan Brazil.  Karena jarak dari kota ke check point perbatasan hanya sekitar 15 menit, begitu bus berangkat kondektur langsung mengumpulkan paspor penumpang, sambil menanyakan apakah sudah punya visa Brazil.  Prosedurnya standard , paspor kami dibawa turun oleh kondektur untuk di stempel exit Argentina.  Setelah semua penumpang lengkap, bus berjalan melewati pos perbatasan lalu melintasi jembatan diatas sungai Iguaçu. Diujung jembatan bus memasuki pos wilayah Brazil, paspor dibawa turun lagi oleh kondektur, tapi tidak ada stempel masuk Brazil, mungkin hanya dicatat saja. Yang sudah punya visa Brazil tetap dalam bus, yang harus minta visa (transit) turun dari bus untuk mengisi formulir di counter di perbatasan. Kemudian bus melanjutkan perjalanan dan berhenti tepat didepan tiket masuk Taman, kami harus membeli tiket lagi karena tiket yang kemarin tidak berlaku.

Tujuan masuk ke Taman ini sama untuk melihat air terjun Garganta del Diablo dari sisi Brazil, disamping itu melewati beberapa air terjun lainnya Salto Tres Mosqueteros (Three Musketeers), Salto Dos Mosqueteros (Two Musketeers), juga San Martin Island. Perjalanan ke air terjun itu melalui hutan, sebagian rute bisa memakai truk yang baknya sudah dimodifikasi jadi kendaraan pengangkut penumpang dengan dipasangi bangku bangku dan atasnya beratap  fiberglass. Untuk naik kendaraan ini gratis, sudah termasuk harga tiket. Truk ini berjalan perlahan lahan dalam hutan, sekali sekali berhenti untuk memberi kesempatan pada penumpang yang ingin memotret pohon pohonan hutan subtropis, atau kalau terlihat burung dan satwa disekitarnya. Asisten sopir yang duduk di bak truk memberi penjelasan tentang pohon dan satwa yang kami lihat sepanjang perjalanan . Didalam sana terlihat banyak toucan, burung berparuh besar yang menjadi kebanggaan Brazil juga bermacam kupu kupu, burung dengan bulu warna warni, banyak juga  coatamundi- musang berekor tebal dan belang berkeliaran bebas tidak takut  sama manusia. Hutan sisi Brazil lebih menonjolkan kekayaan binatang subtropis , sementara air terjun lebih banyak berada diwilayah Argentina sehingga pemandangan ke air terjun Igauzu lebih banyak dinikmati dari kejauhan, dan banyak pelangi terlihat dari sisi Brasil.

Akhirnya sampai juga kami ke tempat deck observasi untuk menikmati curahan Garganta del Diablo dari dekat. Saya tidak mengira hari ini akan basah basahan lagi, karena penjelasan di brosur adalah pemandangan dari seberang air terjun. Deck ini juga berlantai besi teralis tembus pandang kebawah, sehingga kami bisa melihat jatuhnya air dibawah sana, percikan dan buih buihnya. Begitu muncul di deck, sebelum siap dengan jas hujan, tahu tahu sudah kena semburan air yang membuat saya langsung basah kuyup. Lengkap sudah petualangan hari ini di wilayah Brazil, selanjutnya kami kembali ke pangkalan bus yang akan membawa pulang ke Argentina. Brazil juga tidak memberikan stempel di check point perbatasan, sedangkan Argentina memberi stempel masuk lagi, sehingga saya dapat stempel keluar dan masuk Argentina dengan tanggal yang sama.

Advertisements

8 thoughts on “Cataratas Iguaçu wilayah Brazil

    • ga usah berat2 bawa, disana jual kok murah,sekali pake buang,tipis banget sih..ya itung2 main ujan2an. lebih perlu bawa t-shirt 3-4, mba sampai terpaksa beli karena kehabisan kaos kering..mahalnyaaa…

      Like

    • Ari, syukur kartuposnya nyampe…nulis alamatnya dieja satu satu eueueuuu takut keliru hahaaa…. komplit deh mbak kirim 3 kartupos semua udah sampai ketangan masing masing….enjoy it..

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s