Database untuk apply visa turis ke negara2 lain buat pemegang paspor Indonesia

Edited Visas

Selama saya menjalani traveling keberbagai tempat di manca negara, hal yang paling menjengkelkan sebagai pemegang paspor RI adalah mengurus visa ke Negara tujuan yang akan dikunjungi. Hampir semua Negara di dunia mengharuskan warga RI mengajukan visa, sekalipun transit, apalagi menjelajah. Hal pengajuan visa ke suatu Negara bisa memerlukan waktu pemrosesan minimal 5 hari kerja, kadang sampai 3 minggu. Jadi kalau perlu visa 4 negara minimal perlu waktu 20 hari kerja, atau satu bulan. Bukan tidak mau mengurus jauh jauh hari, misalnya 2 bulan sebelumnya, tapi semua kedutaan tidak mau memproses visa 2 atau 3 bulan sebelum tanggal keberangkatan . Saya cuma bisa iri sama pemegang paspor Jepang, New Zealand, US…mereka paling top diterima dimana mana tanpa harus minta visa. Tidak jarang visa saya baru selesai siang, malamnya berangkat. Cara lain untuk mendapatkan visa adalah dengan mengajukan dari kedutaan/konsulat Negara tetangga terdekat dengan Negara tujuan, jauh lebih hemat waktu karena biasanya mereka bisa menerbitkan visa dalam hitungan jam, mengingat kondisi pemohon adalah turis *asal jangan dari negara tetanggaan yang lagi perang/musuhan/konflik* . Atau dengan mengatur jadwal, misalnya kunjungan ke 3 negara yg harus minta visa, 1 negara yang bebas visa atau Negara yang memberlakukan Visa on Arrival.

Biasanya visa turis hanya berlaku maksimal 90 hari *kecuali visa US saya beruntung mendapatkan 2x apply masing masing berlaku 5 tahun* atau visa Australia bisa dapat 1 atau 3 tahun. Saking seringnya mengurus visa kesana sini, saya selalu punya stock pasfoto berbagai ukuran, juga selalu saya bawa waktu traveling, supaya kalau mendadak ingin rubah tujuan bisa minta visa tanpa repot harus cari tukang foto.

Beberapa kedutaan memakai jasa agen untuk membantu proses penyaringan pemohon visa, di Indonesia antara lain VFS Global bekerja untuk kedutaan Australia, New Zealand, UK, Canada, Denmark, Iceland, Italy, Norway, Spain, UAE. Layanan VFS Global untuk kedutaan2 berupa Visa Application Center, mereka melakukan pengumpulan dokumen2 pemohon via online atau paper, melakukan  jasa biometrics yaitu pendokumentasian sidik jari dan foto digital wajah.

Alamat VFS Global Jakarta:

  • Kuningan City Mall
    1st floor L1  30-32
    Jl Prof.Dr Satrio kav 18
    Setiabudi, Kuningan 12940
  • Call center : +62 21 304 18704

Alamat VFS Global Bali:

  • Benoa Square Lantai. 3 No. 7-9.3/A
    Jalan Bypass I Gusti Ngurah Rai No. 21A
    Kedonganan, Kuta, Bali – 80361
  • Call Center : +62 361 8957710

Schengen Countries mensyaratkan biometrics untuk pemohon visa mulai Desember 2013, terkait dengan program VIS (Visa Information System), yang memungkinkan pertukaran data online antar Negara anggotanya. Biometrics nantinya juga akan diberlakukan diseluruh dunia.

Berikut dibawah ini adalah syarat, ketentuan dan prosedur pengajuan visa dari beberapa Negara yang banyak diminati, sebetulnya merupakan catatan pribadi yang saya kumpulkan pada waktu mengajukan permohonan visa. Jadi hanya untuk pemegang paspor Indonesia, pengajuan dari kedutaan/konsultan di Jakarta, jenis permohonan visa turis, untuk single traveler (bukan pengajuan untuk keluarga/rombongan). Tarip  tidak berlaku mutlak, sewaktu waktu bisa berubah.

 Syarat umum pengajuan Visa Turis (kesemua negara):

  1. Paspor dengan minimal masa berlaku 6 bulan saat tanggal keberangkatan.
  2. Pasfoto background putih, sedia macam2 ukuran, rata2 diminta 2 lbr. Pasfoto proporsional, tanpa topi, tanpa kacamata hitam, telinga terlihat, menghadap lurus kedepan.
  3. Print out ticket ( ada kode booking resmi) – beberapa Negara mengharuskan tiket sudah diissued pada saat pengambilan visa.
  4. Print out booking hotel lengkap dengan tanggal dan alamat, tertera nama pemohon.
  5. Surat sponsor dari kantor, dalam bahasa Inggris.
  6. Foto Copy rekening Koran 3 bulan terakhir, tertera nama pemohon (untuk kedutaan yang mengharuskan interview, sebaiknya asli dibawa)
  7. Rekomendasi Bank (tidak semua kedutaan meminta)
  8. Foto Copy Kartu Keluarga + KTP
  9. Travel Insurance (tidak semua kedutaan meminta)
  10. Negara di Amerika Selatan kadang meminta Yellow Fever Vaccination Certificate, vaksinasi dan certificate ini berlaku 10 thn, vaksinasi bisa dilakukan di Rumah Sakit atau di bandara International Soekarno Hatta.
  11. Jadwal perjalanan lengkap dari tanggal masuk sampai keluar Negara /negara2 yg dituju, untuk menentukan apakah harus mengambil Single Entry atau Multiple Entries.
  12. Mengisi form aplikasi, sekarang banyak Kedutaan yang menggunakan website yang menyediakan form yang dapat didownload  atau dengan cara apply online, atau via Visa Agency *VFS Global*
  13. Biaya pembuatan visa berkisar USD 20-USD150 (tidak selalu sama) kadang harus bayar di bank yang ditunjuk kedutaan, kadang bayar di kedutaan. Bukti pembayaran dilampirkan dalam berkas permohonan. Pembayaran bisa dengan Rupiah, sesuai dengan kurs yang ditetapkan kedutaan. Biaya visa Single Entry berbeda dengan biaya visa Multiple Entries.
  14. Lama proses pembuatan visa berbeda, dari 4-45 hari, untuk diperhitungkan apabila ingin memohon visa ke beberapa Negara sekaligus dalam satu rangkaian perjalanan, sebab paspor tidak bisa dipinjam selama masih dalam proses pembuatan sampai keluarnya visa.
  15. Pembuatan visa tidak boleh dilakukan lebih dari 2 bulan sebelum tanggal keberangkatan,  pihak kedutaan akan menolak memrosesnya.
  16. Masa berlaku visa berbeda beda, mulai 15 hari sampai 5 tahun.

Syarat dan prosedur pengajuan visa turis  ke kedutaan asing secara spesifik: US, Schengen Countries, Australia, New Zealand, UK, Canada, China, Jepang, Korea Selatan dan Taiwan.

Manfaatkan sebanyak banyaknya kelebihan dari visa US selama masa berlakunya. Bukankah proses pengajuan visa US dipandang sebagai paling menakutkan, kadang ditolak tanpa alasan yang jelas , selain biayanya juga tidak murah. Kalau beruntung mendapatkan visa dengan masa berlaku 5 tahun, selain untuk pergi ke 50 negara bagian US, banyak kemudahan kemudahan lain yang bisa didapat dengan adanya visa US di paspor.

Negara Negara yang mengijinkan masuk dengan visa US:

  • Belize, VoA  USD 50
  • Costa Rica , bebas masuk berlaku 90 hari
  • Dominican Republik , bebas masuk berlaku 30 hari + Tourist Card seharga USD 10
  • El Salvador
  • Georgia, bebas masuk berlaku 360 hari
  • Honduras, bebas masuk
  • Jamaica, bebas masuk berlaku 180 hari
  • Korea Selatan, bebas masuk berlaku 15 hari  dengan  mengajukan visa  online
  • Mexico, bebas masuk berlaku 30 hari
  • Montenegro, bebas masuk berlaku 7 hari
  • Nicaragua, bebas masuk + Tourist Card seharga USD 10
  • Panama, bebas masuk berlaku 30 hari + Tourist Card seharga USD 30
  • Serbia, bebas masuk berlaku 90 hr dalam jangka waktu 6 bulan.
  • Taiwan, bebas masuk berlaku 90 hari , perlu apply online utk minta Entry Permit
  • Turks and Caicos Islands, bebas masuk berlaku 30 hari

Bila memiliki visa Schengen kategori C atau D multiple entry untuk masa berlaku 2  tahun (dengan biaya lebih mahal dan belum tentu diberikan), ada manfaat lain yang bisa didapatkan yaitu masuk kenegara negara lain diluar Schengen area.

Negara Negara yang mengijinkan masuk dengan visa Schengen:

  • Albania, bebas masuk berlaku 6 bulan
  • Andorra,bebas masuk berlaku 7 hari
  • Bosnia and Herzegovina, bebas masuk 7 hari
  • Costarica, bebas masuk berlaku 90 hari
  • Croatia, bebas masuk berlaku 90 hari
  • Cyprus, bebas masuk berlaku 90 hari
  • Dominican Republik , bebas masuk berlaku 30 hari + Tourist Card seharga USD 10
  • Georgia, bebas masuk berlaku 360 hari
  • Honduras, bebas masuk
  • Iceland, bebas masuk 90 hari utk kategori D
  • Kosovo, bebas masuk 15 hari
  • Macedonia (FYROM), bebas masuk 15 hari max 90 hr dalam kurun 6 bulan
  • Malta, bebas masuk 90 hari untuk kategori D
  • Montenegro, bebas masuk berlaku 7 hari
  • Nicaragua, bebas masuk + Tourist Card seharga USD 10
  • Panama, bebas masuk berlaku 30 hari + Tourist Card seharga USD 30
  • Romania, bebas masuk berlaku 5 hari
  • Serbia, bebas masuk berlaku 90 hr dalam jangka waktu 6 bulan.
  • Taiwan, bebas masuk berlaku 90 hari , perlu apply online utk minta Entry Permit

Untuk traveler tingkat lanjut, bila ingin melihat syarat dan prosedur pengurusan visa kenegara negara lain yang tidak tercantum diatas ( berdasarkan negara negara yang sudah dan akan saya kunjungi nanti )  lengkap dengan situs untuk download application form/apply online dan alamat/ nomor telepon kedutaan/konsulat yang menangani masalah visa di Jakarta, bisa lihat di Embassies in Jakarta. Beberapa diantaranya ada alamat pengajuan visa untuk negara yang tidak memiliki perwakilan di Jakarta, berarti alamat kedutaan/konsulat negara tujuan yang berada dinegara tetangganya yang melayani pengajuan visa dengan paspor Indonesia .

Sebetulnya proses permohonan visa kesemua negara sama sulit dan sama mudahnya, sejauh yang saya alami asal semua persyaratannya lengkap visa pasti diterbitkan. Tidak bisa dipungkiri bahwa paspor yang  memiliki visa US atau Schengen lebih mempersingkat waktu interview dikedutaan manapun. Kadang malah tidak ditanya apa apa lagi oleh petugas interview kedutaan, apalagi kalau lembar paspor dibalik balik  sudah banyak cap negara negara lain, belum sampai memeriksa lampiran bukti keuangan visa sudah di approve.

Yang diperlukan juga kalau sedang traveling keluar negeri adalah Alamat KBRI dan KJRI di luar negeri , seandainya perlu bantuan sehubungan masalah dokumen perjalanan atau keperluan darurat lainnya. Kalau ada yang mau menambahkan info atau koreksi silakan, untuk kepentingan bersama.

Advertisements

225 thoughts on “Database untuk apply visa turis ke negara2 lain buat pemegang paspor Indonesia

  1. Hi mbak,aku mau tanya soal memiliki dua visa(schenegen dan china) di saat yg bersamaan apakah memungkinkan?karna saya ada rencana mau ke china dan eropa.apakah proses di imigrasinya nanti akan ada masalah tidak,karna ini pengalaman pertama saya.terima kasih atas informasinya.

    Like

    • Halo Desi..boleh aja dong punya visa 2,3 atau 10 yang berlaku semua pada saat bersamaan.di imigrasi ga bermasalah, yang dilihat kan cuma visa masuk negara bersangkutan..visa lain ga dilihat kalau mereka tidak perlu.silakan coba..

      Like

  2. salam knal mba fe..aku mau tanya dong,kbetulan tgl 14juni ini aku mau ke france..kbetulan ini yg kdua kalinya aku mo k sana.cuma plan aku nanti 3 bulan untuk visite teman.aku dpt attention d accuel dr tmn aku yg d sana,pokonya smua yg tanggung biaya k sana dll awal brangkat ato slma stay d sana dia yg cover semua.apakah kalo aku tidak melampirkan rekening tabungan akan jd msalah?mski tmn ku sudah mlampirkan beberapa surat tulisan tangan kalo dia yg mnanggung smuanya?awal aku k sana sudah melampirkan rekening koran,cuma untuk kali ini kata major di france tidak perlu.kira2 gmn ya mba..terima kasih..salam mba fe

    Like

    • halo dyana, mba sih belum pernah minta visa pake sponsor/penjamin dari sono..karena negara2 yang mba kunjungi aneh2, ga ada teman dan kenalan ditempat tujuan, dan memang tujuannya traveling aja bukan stay berbulan bulan. coba tanya langsung kekedutaannya aja, rasanya sih perlu banyak dokumen2 pendukung lain dari si penjamin , bukan sekedar tulisan tangan aja. kalau sudah dapat jawabannya di share disini ya…buat tambahan pengetahuan juga untuk mba an teman2 lain yang punya masalah sama. semoga sukses jalannya.

      Like

  3. salam kenal mba fe… saya ada rencana ke eropa (schengen) bln juli ini. waktu awal mendaftar di travel (karna ikut tour) keberangkatan tgl 12-25. tapi ternyata selang 3 hari dari bayar dp, dapat kabar kalau keberangkatannya dipindah ke grup yg tgl 10- 24 juli. sedangkan saya terlanjur buat/bayar asuransi perjalanan dgn tgl 12-25 juli itu. gimana ya mba, apa visa saya bisa disetujui?

    Like

    • Halo Susan, salam kenal juga..kalau ikut tour bukannya visa dan asuransi perjalanan mereka yang urus? Lebih baik minta pertanggungan jawab mereka untuk travel asuransi yang tanggalnya ga cocok sama rencana semula. Supaya ga problem di proses apply visa ya sebaiknya rubah tanggal asuransinya. Salam, Fe

      Like

      • Iya, trima kasih mba Fe. Oh iya, rata” utk visa schengen (via kedutaan prancis) dari pengambilan sidik jarii sampe viisa keluar itu brp hari ya mba? (catatan dokumen lengkap semua)

        Like

      • Wah mba ga pernah ngajuin via kedutaan Perancis, jadi ga tau berapa lama. Kalau via kedutaan Belanda sih 2 hari kerja udah jadi. Pernah via kedutaan Spain seminggu jadi. Beda beda juga sih tiap kedutaan lama prosesnya.

        Like

  4. Hallo mbak Fe, salam kenal.

    Senang sekali saya menemukan banyak info tentang visa yang mbak Fe posting di blog. Karena saya memang membutuhkan info itu. Terutama untuk apply visa ke Mexico, Belize dan Guatemala. Sehubungan dengan rencana vakansi saya & suami ke 3 negara tersebut bulan September mendatang. Walaupun masih ada 1 hal yang saya masih belum jelas. Karena saya tinggal di Belanda, saya masih belum tahu ke mana saya harus apply visa Guatemala. Untuk Mexico dan Belize saya juga agak bingung, apakah saya harus apply US visa dulu, atau langsung visa negara2 tersebut. mengingat saya akan terbang langsung dari Amsterdam ke Cancun. #Saya tinggal di Belanda#. Selain info dari mbak Fe saya juga sudah menemukan info dari sumber lain tentang visa Mexico, yang katanya bisa di apply di kedutaan besar Mexico di negara orang itu (Indonesian juga) di Perancis.

    Demikian pertanyaan saya. Salam,Tika

    Like

    • Hi Tika, senang juga Tika mampir baca baca blog mba. Satu persatu ya jawabnya. Menurut mba sih ga ada ruginya apply visa US, sebab bebas visa untuk masuk Mexico, dan bisa juga untuk masuk Belize ( VoA ). Nah untuk Guatemala memang agak ragu harus ambil dari mana. Tapi memang untuk masuk negara2 Central Amerika *Panama, Costarica, Honduras, Nicaragua, Guatemala, El Salvador* sangat dimudahkan kalau punya visa US. Kalau di Belanda ada kedutaan Guatemala ya sebaiknya minta dulu dari sana. Atau minta di Mexico seandainya disana ada kedutaan/konsulat Guatemala. Harusnya sih ada kan mereka berbatasan langsung. Nah untuk lama proses apply visanya ya tanya langsung, sebab dulu2 prosesnya sehari jadi. Alternatif ke2 adalah tanpa visa US, harus apply visa Mexico, Belize dan Guatemala. Mba bingung juga ada orang Indonesia yang minat ke Guatemala dan Belize hahahaaa….mba baru otak atik rute ke Belize juga nih..salam…

      Like

      • Hae mbak fe .? Slm kenal ..klo visa tour ke korea gmna.? Dan rencana pengen kesana pada saat musim dingin..sekitar bulan 12 ..mohon infonya mbak fe

        Like

      • Hi Kudus, salam kenal juga. Itu di lampiran saya sudah cantumkan syarat2 apply visa Korea, coba dibaca. bulan des dingin sekali lho….

        Like

      • Hi mbak Fe,

        1x lagi trima kasih atas tanggapannya. Saat ini saya sudah mencoba kontak embassy / konsulat dari 3 negara tersebut, dan masih menunggu respons mereka. BTW, saya gak heran koq kalo mbak bingung ada orang Indonesia yang minat ke Guatemala dan Belize… Jujur saja, sebetulnya 2 negara itu bukan pilihan saya untuk dikunjungi. Tapi karena ada dalam paket tour (jadi 1) dengan Mexico, yang merupakan pilihan suami saya, (orang Belanda) ya saya ikut aja. Saya sih penginnya ke Brazilia atau Argentina. Tapi suami yang gak mau. Nah, berhubung tahun lalu dia udah ‘ngikuti’ keinginan saya untuk ke Spanyol dan Portugal, sekarang giliran saya ngikut dia … 🙂 Namanya juga hidup dengan pasangan, ya harus “take and give” lah… hehehe.

        Salam kembali, Tika

        Liked by 1 person

  5. halo mbak..
    saya skg lagi stay di kamboja, nah ad rencana tahun depan mau ke korea.. tiket juga sudah beli.. tinggal ajuin visa..
    yg mau saya tanya disini haruskah kita apply visa di dubes korsel yg dikamboja ?
    atau harus apply visa langsung dijakarta ?
    dan kalau misal saya yg sedang stay dikamboja menitipkan passpor saya ke org lain untuk dibuatkan visa korsel diindonesia, apakah bisa ?
    mohon pencerahannya mbak.. terima kasih banyak..

    Like

    • Halo Winata, kalau di kamboja ada kedutaan Korea, lebih baik apply disana saja, daripada paspor dititip ke orang lain, kan resikonya besar. Coba minta info dulu ke kedutaan/konsulat disana. Selamat mencoba.

      Like

  6. Hallo mbak mau nanya,
    Saya sementara berada di jerman dan ingin mengajak keluarga saya liburan ke korea.
    Dapatkah saya mengurus visa anggota keluarga saya yg lain lewat online?
    Karena keluarga saya juga tidak berdomisili di jakarta.
    dan untuk saya sendiri, apakah dpat diproses permintaan visanya berhubung saya berada di jerman?

    Like

    • Sendha, kalau anda pegang ijin tinggal di Jerman, mungkin ada pengecualian khusus bisa apply visa online. Saya tidak tahu persis, karena pengetahuan saya berdasarkan hobby sebagai traveler , dan domisili di Indonesia. Kalau punya visa US baik Sendha ataupun keluarganya bisa apply online untuk visal Korea Selatan lho. Kalau tidak punya ya harus apply sendiri dari Indonesia. Salam..

      Like

  7. bu mau nanya apakah report mengenai mengunjungi Ukraina masih akurat dan berlaku gitu? Kepengen kesana juga setelah baca-baca mengenai sejarah ukrainia. salam

    Like

  8. bu, yg aku ga ngerti di keterangan ibu adalah mengenai surat yg kita harus nunggu sampai 2 minggu, itu surat yg mana bu? salam

    Like

    • Masih tentang visa Ukraina kan? Surat itu adalah bagian dari persyaratan imigrasi Ukraina, merupakan ijin masuk yang diterbitkan oleh deplu Ukraina dan harus menunjukkan surat asli waktu pemeriksaan di imigrasi saat kita masuk negara Ukraina. Oleh sebab itu surat asli perlu ada ditangan kita sebelum tiba di negara tsb, Tidak selalu 2 minggu karena proses pengiriman surat melalui pos, bisa lebih cepat atau lama tergantung jauh dekatnya pengiriman dari Ukraina. Sedangkan visa yang berupa sticker diterbitkan oleh kedutaan Ukraina di Indonesia, dan sudah tertempel di paspor. Untuk beberapa negara pecahan Rusia memang seperti itu persyaratannya, mis Belarus. Salam.

      Like

  9. Hallo mbak salam kenal, saya ada rencana mau jalan jalan ke Panama, tiket pesawat dan hotel sudah dibooking dan ditangan saya mbak dan pertanyaanya apakah saya harus buat visa dulu sebelum berangkat secara ada teman yg kasih tahu ..kalau saya sudah pernah ke australia dan visa australia saya masih aktif saya tidak perlu urus visa tapi cukup visa on arrival saja saat saya tiba di Panama, apakah itu benar mbak? Terimakasih untuk jawabannya.

    Like

  10. Aku mau tanya kak, bulan september aku mau ke usa buat ikut lomba (udh dpt Invitation letter nya). Aku msh mahasiswa dan baru buka rekening tabungan. Kalo aku dikasih dana dr ortu +/- 15-20 jutaan & ditambah data bayar semesteran kuliah kira2 layak lolos buat visa B1/B2 ? Rencana nya aku stay di Boston 7 hari & tinggal di asrama Mahasiswa MIT (asrama nya kenalan nya temen ku) trs aku kl di interview hrs bilang kl dia aquitance g ? Makasih & God Bless U. Mohon reply nya kakak

    Like

    • Hi Martha, jelaskan saja di kolom keperluan untuk kesananya dalam rangka lomba, dan lampirkan sekalian surat undangannya. Kalau bisa sekalian bookingan tiket pp. Tabungan bukan jaminan, visa US memang paling unik keputusannya tidak ada yang bisa menduga untuk diberi atau tidak. Mudah mudahan kamu berhasil ya….visa dan lombanya sukses..God bless..

      Like

    • Halo Olan, visa Australia aktif lumayan banyak yang bisa dikunjungi, tapi persisnya mbak juga ga tahu, hampir setara dengan pemegang visa US dan Schengen. Tp coba aja cari info dimasing masing negara yang diminati. Selamat googling2..

      Like

  11. Salam kenal mbak, saya mau nanya tapi ga tau nyambung apa enggak pertanyaan saya dengan pengalam trip mbak but never know mungkin mbak bisa bantu 🙂
    Saya mau ke China ( mainland), kalau saya apply turis visa di Jakarta kita hanya diberikan option single entry 30 hari atau double entry juga 30 hari per stay, sedangkan saya membutuhkan lebih lama dari itu ( 60 hari ).Denger2 kedutaan china di malaysia dapat mengeluarkan china turis visa single entry 60 hari.Pertanyaan saya bisa/bermasalah ga yah kalau saya apply visanya di malaysia dan berangkatnya dari jakarta.
    Makasih…

    Like

    • Hai Nina, salam kenal. Setahu mbak visa berlaku untuk masuk ke negara penerbit, dimanapun apply nya, tanpa melihat darimana masuknya. Kalau perlu sekalian tanya pada waktu apply di malaysia. Nanti di share pengalamannya ya… Salam

      Like

  12. Untuk korea selatan tidak bisa mengajukan free visa online, walaupun memiliki visa USA. Saya sudah mengecek kebenarannya melalui Kedubes Korea di Jakarta.

    Like

  13. Hai Fe..trims atas infonya…aku mau tanya tentang pengurusan visa ke Nikaragua…Aku tidak menemukan alamat kedutaan besar Nikaragua di Indonesia…Nah, bagaimana mengurus visa ke Nikaragua? Trims…

    Like

    • Halo pak Edy, visa Nikaragua berdasarkan info 4 th yl saya pas mau kesana adalah free5 hr kalau punya visa US. Berhubung peraturan bisa berubah sewaktu waktu, nanti akan update persyaratan ,rencana thn depan kesana. Biasanya bisa diakali dengan ambil visa di konsulat atau kedutaan di negara tetangganya. Kalau saya sdh dapat info akan saya tambahkan ke database. Salam..

      Like

  14. halo mbak, saya mau nanya nih. rencana musim dingin ini saya mau travel dari china ke jepang, nah kalau dari china ke jepang ngurus visa jepangnya bagaimana ya mbak? terus dimana tempat ngurusnya? makasih mbak sebelumnya

    Like

    • halo Ghozi, dikau domisili nya dimana? Kalau di Jakarta ya minta visa di kedutaan Jepang di Jl Thamrin, atau minta waiver visa Jepang kalau paspor nya sudah e-paspor,tinggal daftar aja di kedutaan. Selamat jalan jalan …

      Like

  15. hallo mba mau tanya boleh?
    jadi gini jenis visa saya D multiple yang dikeluarkan dri embassy jerman. Sewaktu tiba dijerman saya dapt stempel masuk dr imigrasi d berlin nah rencana saya mau pulang ke indo(keluar) dari zurich swiss? itu bisa ga ya mba ? mohon bantuannya

    Like

  16. mbak saya mau tanya saya dari indonesia saya menikah di macedonia tapi saya dan suami saya kerja di kapal pesiar ,,,saya sudah punya ktp dari macedonia dan sudah 2 tahun dan tiap tahunnya diperpanjang ,,,nah masalahnya sekarang tahun ketiga untuk buat ktp dan saya akan mendapatkan passport ,,,tapi masalahnya …tgl saya berangkat ke kapal pesiar dan hari ktp selesai beda 2 hari dan kantor tempat saya mengurus ktp memeberikan saya surat jadi ktp dengan cap pertanyaan saya apakah saya bisa enter lagi ke macedonia tanpa ktp dengan kertas keterangan tadi bahwa ktp dalam proses atau tidak…

    Like

    • Hi Putu, saya jujur tidak tahu kalau masalah2 pengurusan dokumen perjalanan/paspor yang diterbitkan diluar negara Indonesia, harusnya ditanyakan di kantor imigrasi setempat atau instansi yang berwenang disana. Salam

      Like

    • Halo Natalia, keMacedonia bisa pakai visa Schengen, kalau masuknya melalui negara2 Schengen . Kalau langsung ke Macedonia apakah harus apply khusus atau tidak, mbak kurang tahu. Salam.

      Like

  17. hai, mau tnya klo apply visa amerika alamat selama kita disana apakah perlu diisi ?
    klo boleh tolong dibales lewat email saja ke “uchihaivan80@rocketmail.com”

    thanks

    Like

  18. hai, mau tanya apply visa amerika difomulir tmpt selama kita diamerika apakah harus diisi atau gk usah ?
    klo boleh tolong dibales lwt email saja karena msih bnyk yg saya mau tnyakan kk
    thanks

    Like

    • Hi Nur, mau bikin visa turis kemana? Banyak kok tempat diluar negeri yang bisa dikunjungi tanpa harus buat visa, coba ribet dimananya? Jangan putus asa ya…salam

      Like

  19. Hi mba… salam kenal. saya mau tanya nih. klo kita punya visa US (blm dipakai) trs mau ke mexico dan belize, bisa gak yah? jadi rencananya mmg lsg ke mexico dan belize bulan june. ke US nya baru bulan oktober nanti.
    thanks mba… jawabnya via email aja yah ke davinki_2@yahoo.com

    Like

    • Hi Niki, kalau langsung ke mexico,walaupun tanpa visa US bisa masuk. Ke Belize kalau peraturannya belum berubah, tanpa visa US juga bisa kok, pakai VoA. ini sudah mba tulis jelas di file kok, ga dibuka ya 🙂 salam..

      Like

  20. bu saya mau nanya kemarin saya urus visa as di tolak sebab saya pernah tinggal di as ilegal 2 th apa bisa saya urus visa kanada saya mau masuk ke as lewal canada

    Like

    • wah, saya juga ga mengerti soal itu, kalau jarak waktunya belum lama, mungkin saja data overstay masih beredar dimana mana, riskan juga walaupun masuk lewat Canada.

      Like

  21. kak saya urus visa as di tolak sebab saya pernah tinggal di as 2th ilegal apa saya bisa urus visa canada ,kalo bisa , apa saya bisa masuk ke as melalui canada

    Like

    • Petrus, wah..rada sulit juga ya, jangankan tinggal ilegal 2th…overstay sekian jam di negara manapun sekarang bisa recordnya ada di negara2 lain. saya betul2 ga berhak jawab apakah bisa masuk as melalui canada. kalau jarak waktunya sudah lebih dari 10 tahun mungkin jejaknya sudah dihapus..mudah mudahan..

      Like

  22. Kalau menu rut saya byk yg ngeluh bahwa data sudah lengkap Dan Surat ref bank Serta data keuangan juga bagus tp Ada yg mungkin Kita tidak Sadari mungkin menjadi Salah satu sebab visa tidak approve,, Kedutaan tidak dpt menghubungi kantor bank yg mengeluarkan Surat ref bank tsb sehingga tidak dapat KONFIRMASI bukti keuangan ., beberapa bank yg cukup bonafid coba deh telp Ke no telp yg tertera di kop Surat kantor cab tsb byk yg tidak mengangkat alias sibuk yetis tuh no telp .. Beda kl US embassy yg Cuma liat data ASLI yg dibawa itu pun tidak semua diminta diperlihatkan ,, jd menurut saya paling fair ya US embassy ,, gak Usah repot fotocopy data bejibun trus blm tentu approve .. Kl US embassy kan Lansung tau saat wawancara jika ditolak lgs dikembalikan passport Saat itu juga

    Like

    • Hi Monci, bisa jadi benar. Tapi rasanya pihak Embassy hanya akan menelfon ke Bank, Kantor atau rumah kalau ada yang mencurigakan. Selama saya mengajukan visa kepuluhan negara, belum pernah ada visa consuler yang nelfon ke kantor, rumah atau handphone. Banyak yang bisa di analisa dari lampiran dan data yang disertakan kok, misalnya banyak stamp kunjungan ke negara2 lain, masa kerja di suatu kantor, usia, status, itinerary yang jelas dan masuk akal, bukti keuangan yang wajar (swear saya tidak pernah punya nominal tabungan yang spektakular :-p jadi mereka juga ga perlu repot2 telfon ke bank utk confirmasi..). Tiap negara memang wajar berhati hati memberikan visa kunjungan, ya kita harus menerima apapun yang mereka simpulkan dari data yang kita berikan. Buat mba juga selalu deg2an nya pas nunggu berita visa granted atau tidak..itu termasuk salah satu tantangan awal dari satu rangkaian perjalanan yang sudah kita susun.

      Like

      • Siang mba fe,
        Saya kan baru pertama x apply shengen visa ke Spain embassy di Jakarta, nah sekarang tinggal tunggu visa granted tp masalah nya besok saya terbang ke Spain tp ampe sekarang belum ada kabar apapun dari Spain embassy Jakarta apa perlu saya telpon ke Spain embassy nya atau tunggu saja kabar dari mereka? Tolong info nya makasih mba fe.

        Like

      • Halo Nuri, boleh telp ke embassynya . Harusnya waktu intrview sebelum bayar langsung tanya kapan visa bisa diambil. Dulu seingat saya kalau di spain Embassy bayarnya langsung disitu ya..entah kalau sekarang.

        Like

  23. hi salam kenal mb fe inibsay mau tanya , saya mau berkunjung ke Mexico gmn caranya untk mendaptkan visa Mexico mb mksh

    Like

  24. Hi mbak… saya mau nanya, apakah ketahuan klo saya apply visa us pakai paspor lain. soalnya saya ada paspor lama dengan nama lain yang sering saya pakai ke negara yg dekat2. tp paspor itu belum pernah saya pakai ke negara bule. nah saya ada paspor baru yg rencananya mau di pakai ke negara jauh2. Apakah ketahuan mbak klo saya ada dua paspor yg berbeda.
    Mohon jawabanya mbak… trimakasih..

    Like

    • naveen, kenapa harus dipisahkan kenegara jauh dan dekat? justru dikumpulkan di satu paspor lebih menguntungkan untuk apply visa kemanapun. mereka lihat record trip kita. saya tidak bisa jawab apakah bisa ketahuan atau tidak kalau seseorang punya 2 paspor beda. tapi kalau ketahuan kemungkinannya sangat buruk..itu aja sih. salam

      Like

  25. Hello Apa punya info? Saya mau k Mexico n Costa Rica . Apa lebih baik saya apply visa amerika serikat saja ya?? Seblm Nya saya pernah punya visa Turis tp saya Di deportasi dg alasan Gak jelas , mgkn saya bs reapply lg ya?
    Thanks

    Like

    • Gary, paling aman ke Mexico dan Costa Rica kalau punya visa US. Setahu saya record deportasi tersimpan di database US selama 5 thn. Lebih dari itu mungkin baru bisa apply lagi.

      Like

  26. Salam kenal ya mbak , saya day mau Tanya bagaimana proses visa uk Jika posisi stay Di Paris sebab visa Schengen saya berlaku 90 Hari multiple dan saya ke London agar saya bisa balik lagi untuk stay Di Paris Lebih lama dimana visa saya masih berlaku hingga tahun depan …. Terima kasih

    Like

    • Dayana, lebih tepatnya dikau tanya ke embassy UK yang di Paris. Kalau memang ada tujuan ke UK. Tapi kalau hanya untuk perpanjang stay di Schengen, bisa keluar ke Romania, Bulgaria atau Croatia, Cyprus dll, lalu masuk Schengen lagi.

      Like

  27. Haii kak, aku pemegang visa student australia mau liburan ke U.S. tapi aku belum pernah ke US. Dengan visa student yg aku punya apakah aku bisa VoA di US? Kalau tidak bisa, apakah aku bisa mengurus visa dari australia tanpa perlu ke indonesia terlebih dahulu? Lalu untuk rekening koran nya apakah bisa pakai akun bank yg aku buka di australia? Biaya untuk holiday ke US ini sepenuhnya dibiayai aku sendiri..

    Like

  28. Maaf numpang nanya ni mbak..klo kita punya visa uk, ke paris bisa pake visa yg sama atau harus apply visa lain utk ke paris?
    Ke dubai harus ada visa jg ya buat pasport indonesia?

    Like

  29. Hi mbak,mo nanya dikit mbak,klo sy mau kunjungi teman ke serbia? Apa perlu visa ? Lalu klo harus urus visa,sedangkan sy tinggal di jayapura.apa sy harus ke kantor kedutaan serbia di jkt gak ya? Untuk permohonan visa serbia? Mohon pencerahannya 🙂

    Like

    • Halo Vie, ngurus visa apa aja kan harus ke Jakarta ya..kalau mau ga repot ya apply visa schengen aja..otomatis boleh masuk serbia, tapi harus nginjak negara Schengen dulu ya..jangan langsung serbia.

      Like

  30. mbak, mau nanya nih.
    misalkan aku mengajukan UK visa visit selama 6 hari kunjungan ke UK dan visa accepted, tapi ternyata kunjungannya aku perpanjangan sampai 1 bulan. Bisa pake visa itu atau urus lagi ke Dubes UK? apakah ada sanksi nya?

    Terimakasih

    Like

  31. hi mba, mau tanya dong..

    Visa us aku berlaku untuk 5 tahun (multiple entry). Aku udah 2x kesana dan setiap visit dpt 6 bulan stay (tapi nggak pernah aku pake full 6 bulan), paling lama 2 minggu udah balik ke indo karna nggak bisa ninggalin kerjaan lama2 hiks. Bulan agustus tahun ini aku berencana pergi kesana lagi dan kemungkinan menetap agak lama disana.
    Klo aku dpt 6 bulan stay, lalu pergi ke canada, mexico, atau negara lainnya disekitar US beberapa minggu sebelum ijin tinggal 6 bln expired.. then masuk lagi ke US untuk dapet 6 bulan stay lagi kira2 bakal dicurigain sama imigrasi nggak ya?

    Like

    • hi lililulu, teorinya memang begitu . tiap entry dapat 6 bulan stay. Imigrasi curiga atau enggak, itu hak mutlak mereka untuk lolosin atau nolak. Selama bisa meyakinkan dan tidak pernah ada record buruk, biasanya diijinkan kok. salam.. mba Fe

      Like

  32. Kak…
    Mau nny sya plan utk bln bulan depan ke aus, trs kalau kewat agent katany perlu sktr 20 hari kerja. Sya tkt tdk keburu…
    Jadi dikarenakan sya di batam drkat dengan singapore. Sya plan utk bikin visa di sna… Kira2 dokumen apa saja yg perlu di translate ke english?

    Like

  33. mbak fe, salam kenal. saya mau tanya. saya mau mengunjungi teman saya di serbia. bagaimana cara mendapatkan visa serbia? untuk dokument yang diperlukan apa saja? mohon informasi nya, terima kasih.

    Like

    • halo Azwar, kalau khusus apply visa serbia, mba ga tahu. Tapi kalau Azwar punya visa Schengen multiple entry, bisa masuk serbia tanpa visa lagi. Tapi landing pertamanya harus dinegara Schengen ya.. salam..mba fe

      Like

  34. hai mba fe salam kenal..saya mau tanya cara apply visa schengen multiple entry nya gimana cara nya saya memohon dan negara mana yang mudah memberi visa schengen multiple entry dan apa alasan nya visa di tolak padahal dokumen sudah lengkap dan untuk uang saku 20 juta untuk 7 hari sudah disiapkan di tabungan tujuan akhir negara adalah negara serbia/mohon saran nya donk mbak fe..

    Like

    • Hi Hendri, maaf terlambat balasnya. Untuk saat ini yang paling mudah mengajukan visa multiple entry adalah negara Belanda. Hendri mengajukan via mana? Kalaupun ditolak, ya satu satunya cara adalah mengajukan lagi. Silakan mencoba lagi, dan teliti ulang pengisian form nya. Salam

      Like

  35. oh iya mbak paspor saya 2 tahun lagi akan habis masa berlaku nya tapi masih stempel malaysia sebanyak 3 kali jadi saya untuk pertama kali mengajukan visa apakah ada peluang untuk mendapatkan visa schengen multiple entry?.terima kasih

    Like

    • Hendri, memang tidak dapat dipungkiri makin banyak stempel di paspor, makin meningkatkan kemungkinan visanya dikabulkan, apalagi kalau sudah pernah dapat visa schengen sebelumnya. Tapi ada yang bisa kok, contohnya orang yang apply dengan rombongan tour. Kadang paspor yang kosongpun bisa mendapatkan visa schengen multiple. Mungkin ini salah satu cara untuk mendapatkan visa schengen yaitu ikut rombongan tour. Silakan dipertimbangkan, Salam mba fe

      Like

  36. Selamat Siang Mba..

    Saya mau tanya..kalo mau ke Cyprus, itu perlu visa gak ya…(Cyprus saja tidak ke negara lain)
    Kalo perlu apa ya persyaratannya dan berapa lama proses nya..
    Terimakasih.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s