Apply Visa Bolivia dari Peru

Tentang ini sering ditanyakan  oleh beberapa teman yang akan berkunjung ke Bolivia, jadi detailnya saya uraikan berikut. Apply visa Bolivia tidak bisa dilakukan di Jakarta, karena tidak ada Kedutaan ataupun Konsulat Jenderal Bolivia di Indonesia. Konon dulu ada, tapi nomor telepon Jakarta yang saya temukan dari surfing sana sini tidak pernah terjawab, sampai saya nekat telfon ke konsulat Bolivia yang ada di Lima (Peru) untuk minta informasi tentang kemungkinan mendapatkan visa turis dari sana. Komunikasi yang agak agak gagal, dengan bahasa Spanyol saya yang pas pasan , sementara disana tidak bisa bahasa Inggris, beberapa saya mengerti, begitu percakapan tambah ruwet terpaksa saya mohon mohon bicara dengan yang bisa bahasa Inggris, itupun tidak mudah melalui beberapa kali sambungan Skype yang putus sambung .

Dokumen segera saya persiapkan dari Jakarta :

1 lembar pasfoto

fotocopy kartu kredit

fotocopy return ticket dan hotel

Segitu saja? Ya…mudah sekali kan?

Kemudian setelah saya tiba di Lima,  pagi pagi saya berangkat menuju ke kantor Konsulat  Bolivia di distrik San Isidro, daerah elite dengan mayoritas kedutaan negara negara lain bertempat disini, termasuk kedutaan Indonesia. Seperti kebanyakan kedutaan di Jakarta, ada gardu sekuriti dipagar, ditanya tanya lalu dipersilakan masuk ke ruang tunggu.

Setelah mengisi formulir aplikasi , dokumen yang diminta bersama dengan formulir diserahkan ke loket kaca. Senorita dibalik kaca memeriksa sebentar,  lalu saya dipersilakan ke loket sebelahnya untuk bayar visa fee, nanti sore bisa diambil kata senorita kasir. Kenapa kalau mengurus visa di kedutaan manapun di Jakarta bisa makan waktu berminggu minggu, minimal berhari hari ya?

visa Bolivia

Alamat Guatemala Embassy di Lima (Peru)

Los Castanos 235, San Isidro – Lima , Peru

tel (english) +511 4228231

Tapi menurut update teman teman yang berminat ke Bolivia, sekarang sudah tidak begini lagi peraturannya. Rumit dan hampir tidak mungkin buat pemegang paspor Indonesia untuk mendapatkan visa kunjungan ke Bolivia.

 

24 thoughts on “Apply Visa Bolivia dari Peru

  1. Pingback: Apply visa Guatemala, Bolivia.. | fe's world

  2. Selamat siang mba, saya ingin bertanya bagaimana apply Visa Bolivia ketika melalui perjalanan darat masuk dari Peru. sehingga saya tidak memiliki dokumen return ticket saat apply visa. terima kasih

    Like

    • Hello Dimas, rasanya agak riskan kalau minta visa tanpa return ticket, mba pernah baca Trinity gagal masuk Bolivia lewat perbatasan Peru lewat jalan darat (apply dari Juliaca kalau tidak salah). Kalau mau coba apply dari Lima ya mungkin dikasih mungkin juga tidak. Yang mba alami sih pakai return ticket dan booking hotel lolos. Selamat berkelana.

      Like

  3. Halo mba Fe, mau nanya. Waktu itu itinerarynya bagaimana. Saya rencana pergi ke Bolivia dan Chile saja. Jadi masuknya ke Bolivia naik pesawat tapi keluarnya lewat bus untuk ke Chile. Waktu itu mba masuk keluarnya lewat mana?

    Like

    • Oby, masuk Bolivia dgn pesawat dari mana? Apply visanya dimana? Kalau keluar ke Chile bisa aja, kan Chile bebas visa, tapi waktu apply visa hrs dilampirkan tiket busnya. Waktu mba masuk pakai pesawat dari Lima (Peru)m keluar dgn pesawat ke Quito (Ecuador).

      Like

      • Saya bakalan dari SFO terus rencananya ke La Paz, terus ke Uyuni naik bus supaya keluarnya di San Pedro de Atacama. Dari sana naik pesawat lagi ke Santiago terus kembali ke SFO. Skrg tiket busnya aja belum ada soalnya rencananya mau beli tiket turnya disana aja. Waktu itu mbak inget ngga pake tour apa? soalnya liat2 di internet banyak driver2 yg rada serem katanya.

        Like

  4. Visa masuk Bolivia buat di SFO? dari terminal bus La Paz ada 2 bus yang nyaman jurusan Uyuni, Todo Turismo dan satu lagi lupa. Semua berangkatnya malam , tp baiknya beli sehari sebelumnya spy pasti dapat tempat. Sampai di Uyuni banyak kios2 tour ke salar, harganya rata2 sama, tarip per orang. Ga usah peduli supirnya serem, nanti satu jeep bakal diisi penuh penumpang, dan jalan ke salar nya convoy, walau dari operator yang berbeda. Di Uyuni ini juga banyak yg jual tiket bus ke jurusan Santa Cruz, Potosi dan juga San Pedro.Selamat jalan jalan..nanti cerita2 ya..

    Like

  5. Hi Fe,

    Saya ingin bertanya. Baru saja saya pergi ke Bolivian embassy di Lima, Peru. Tetapi sekarang perlu waktu 30 hari untuk process visa turis. Pada tahun berapa Fe pergi ke Bolivia?

    Like

    • Putera, saya ke Bolivia th 2011..wah sayang ya peraturannya berubah. Entah apa karena waktu itu saya telpon2 berkali kali dari jakarta sebelum berangkat, jadi dikasih ?

      Like

      • Mas Putera,

        Nice informasi, saya rencana mau apply visa Bolivia dari Peru, plan berangkat tanggal 11 January dan target saya di minggu yang sama sudah dapat visa Bolivia, saya agak kaget juga bisa membutuhkan waktu 30 hari… sedangkan saya cuma spare waktu maximum 1 minggu…kemarin waktu mengurus visa Bolivia document requirement nya masih sama kan ya ?
        1. Lembar pas foto ( ukuran berapa kali berapa ya dan background nya putih atau merah ya ? )
        2 fotocopy kartu kredit
        3. foto copy return ticket dan hotel ( masalah nya kalau membutuhkan waktu 1 bulan bagaimana kita mencocok kan tiket masuk ke bolivia dan tiket keluar ke Bolivia , berikut dengan hotel selama di sana ), bagaimana kalau tiket pesawat sudah terbeli ya untuk round trip tiket pesawat dari Lima – Bolivia – Lima 😦 bakal hangus dunks kalau processing time nya butuh 1 bulan..

        Mbak Fe.
        Nice blog,sangat membantu, kalau tidak ada blog ini kita passport Indonesia agak susah nyari informasi, mba fe saya bisa minta email address mbak fe dan mas putera boleh ya ? mau nanya2 sebelum berangkat ke sana..

        Terimakasih ya

        Like

      • Iya, kemaren saya coba memang perlu 1 bulan. Disengaja ditunda padahal temen saya dari singapura cuma 1 hari. Saya minta tolong KBRI pun tidak bisa. Memang bolivia peraturannya ketat buay orang indo. Kategori 3, sama dengan afghanistan, iraq dsb.. coba cek websitenya kedutaan besar bolivia di peru. Google deh. Disana perinciannya ada.

        Like

      • putera, maksudnya si teman yang ngajuin selesai 1 hari itu WN singapura? tapi apa dulu waktu saya mengajukan visa, orang Indonesia juga sudah masuk kategori 3? beruntung dong saya masih dapat ikut prosedur 1 hari selesai.

        Like

  6. Mas Putera,

    saya sudah berusaha cari, tapi sepertinya ga berhasil, ada 1 web site terkait required document yang di butuhkan untuk proses aplikasi visa ( http://www.bolivianembassy.co.uk/visas_turismo.html ) dengan syarat sebagai berikut , sama ga required document nya dengan sampean submit di bulan december 2014

    Relación de Países que REQUIEREN PREVIA CONSULTA A MIGRACION NACIONAL para ingresar a Bolivia.

    1. Formulario de Aplicación de Visa. (Ver Formulario)
    2. Pasajes o Itinerario.
    3. Reserva de Hotel o (carta de invitación, especificar dirección de estadía firmado por
    Notario de Fe Pública, especificar quien financia la estadia)
    4. Estados Bancarios (tres últimos meses).
    5. Certificado de Vacuna contra la Fiebre Amarilla.
    6. Pasaporte Vigente ( mínimo 6 meses).
    7. 2 Fotografías tamaño Pasaporte.
    8. Certificado de la Policia.
    9. Arancel Consular por $us.30.-(BBVA – Banco Bilbao Vizcaya Argentaria)

    Nota: Adjuntar Originales y fotocopias de todos los documentos

    Daftar Negara-negara yang MEMERLUKAN KONSULTASI SEBELUMNYA

    IMIGRASI NASIONAL masuk Bolivia.

    1. Formulir Aplikasi Visa. (Lihat Untuk M)
    2. penerbangan atau jadwal.
    3. Pemesanan atau (surat undangan, tentukan alamat Tetap masuk
    Notaris, menentukan siapa yang membiayai tinggal)
    4. United Bank (tiga bulan terakhir).
    5. Sertifikat Vaksinasi terhadap Yellow Fever
    6. paspor yang masih berlaku (minimal 6 bulan).
    7. 2 gambar ukuran paspor.
    8. Sertifikat Polisi.
    9. Konsuler Tarif untuk $ us.30 .- (BBVA – Banco Bilbao Vizcaya Argentaria)

    Catatan: Lampirkan Originals dan fotokopi semua dokumen,

    Mohon arahan nya apa benar ada 9 item yang harus di submit untuk proses aplikasi visa

    Like

      • Hi Fe,

        Sekedar sharing, saya WNI yg tinggal di Jepang. Saya rencana pergi ke Bolivia dan aplikasi visa lewat kedubes Bolivia di Jepang. List yg saya dapat sama seperti yg dikasih Avons diatas, dan pada saat saya bicara dgn orang pertama saya diinformasikan bahwa visa cuma berlaku sebulan setelah diissue, jadi applynya ga bisa terlalu cepat.
        Baru hari ini saya pergi utk apply, tapi tiba2 pihak kedubes Tokyo mengatakan bahwa utk penduduk dari negara kategori 3, dibutuhkan ijin khusus dari Ministry of Foreign Affairs disana, yg membutuhkan waktu berbulan2 (ga dikasih tau berapa lama) utk dapet replynya, bisa sampai setengah tahun dan blm tentu diterima. They basically told me kemungkinan saya ga akan bisa pergi adalah 99.9%. Alhasil, karena saya akan berangkat bulan depan, saya terpaksa membatalkan semua trip saya ke Bolivia, walau udah bayar ribuan dolar utk beli tiket…. Semoga jadi warning dan pelajaran utk semua WNI lain yg rencana ke Bolivia.

        Like

      • Thanks sharingnya Karens, wah tambah tambah sulit aja ya untuk bisa masuk ke Bolivia, padahal mbak masih ingin kesana lagi. Ikut prihatin atas tiket tiketnya, semoga bisa di refund dengan alasan gagal mendapat visa … Selamat jalan2 ya…

        Like

    • Hi Putera & Avons, kasih tahu kalau sudah berhasil ya.
      Saya pengen banget ke Bolivia ini.
      Kalau ikut tur dari Peru dan keluar di Chile (Bolivia-nya di tengah) mungkin lebih ‘mudah’ kali ya? Karena dokumen perjalanan sudah masuk di situ semua.
      Rencana saya sih ke-3 negara itu : Peru, Bolivia, Chile.

      Hi Fe,
      Untuk lihat mirroring effect di Salar de Uyuni sebaiknya pergi bulan apa ya?

      Thanks!

      Like

      • Hi Dela, mirroring di Salar Uyuni persisnya bulan apa aja sama kayaknya, sebab itu kan luas..bisa dapat dimana aja kok.
        Sampai saat ini rasanya belum ada perubahan soal peraturan visa Bolivia ( paspor Indonesia masih kategori 3 ). Ya tunggu aja peraturannya ganti.

        Like

      • Hello. Iya kita masih kategory 3. Tapi temen saya dari cina datang ke cusco lalu ke embassy bolivia disana dan bisa dapet visa dalam satu hari. Coba cek Cina itu kategori 3 juga ga? kalau iya mungkin indonesia juga bisa

        Like

  7. Maaf mas/mbk saya dari klaten mau tanya soal mata uang asing
    Saya dapat uang dari kakak saya yg dlu pernah ke amerika
    Dia ngasih mata uang asing bolivia 1000 jumlah 2 lembar
    Saya liat di google jika di tukar dengan rupiah lumayan
    Tapi saya coba tukar di money changer di jogja dan solo pada tidak bisa
    Mohon di kasih solusi dan bila bisa di tukar lewat mas/mbak berpa..
    Trimakasih

    Like

    • Halo Bayu, memang mata uang Bolivia jarang diperjual belikan di Indonesia. Satu satunya cara ya kalau kebetulan ada yang mau pergi kesana mungkin mau membelinya. Selain itu saya juga tidak punya solusi lain. Salam

      Like

  8. Sore mba Fe, nama saya Juli. Bisa share informasi untuk apply visa ke El Salvador? Saya ada rencana mau kesana bulan October ini. Sudah kirim email ke Kedutaan/Consulate yang bersangkutan tapi sampai sekarang belum ada balasan. Terima kasih banyak sebelumnya.

    Like

Leave a Reply

