Potemkin steps – Optical Illusion stairs

Potemkin Steps adalah tangga legendaris dan icon kota Odesa, mewakili pintu masuk utama kearah kota secara formal dari arah laut. Secara topografis Odesa adalah kota pelabuhan tapi letaknya di dataran tinggi sehingga akses ke tepi laut sangat curam. Dari arah pelabuhan akan terlihat patung bronze Duke of Richelieu dipuncak tangga Potemkin, ialah walikota pertama kota Odesa. Nama Potemkin diambil dari nama kapal perang Rusia, yang menjadi terkenal setelah awak kapalnya melakukan pemberontakan terhadap pemerintah pada jaman revolusi Rusia th 1905.

P1080468

patung Richelieu  dan 2 cucu perempuannya  ^.^

Mengapa tangga ini jadi begitu dibanggakan adalah karena design nya dibuat sedemikian rupa sehingga tidak melelahkan saat mendaki 200 anak tangga keatas. Setiap 20 anak tangga, terdapat bidang datar sejauh 20 langkah menuju 20 anak tangga berikutnya, demikian berulang 10 kali sampai ke puncak. Hasilnya adalah suatu optical illusion, dimana bila kita berdiri dari atas, yang terlihat hanyalah bidang datar saja, anak tangganya tidak terlihat. Sebaliknya dari arah bawah, yang terlihat hanya anak anak tangga saja, bidang datarnya tidak kelihatan. 8 anak tangga terbawah tertimbun urugan pada waktu proyek perluasan pelabuhan, sehingga sekarang tinggal 192 tanjakan.

Lebar tangga di paling atas 12.5 meter, sedangkan lebar tangga terbawah adalah 21.7 meter, secara logika tangga ini harusnya terlihat seperti trapezium , tapi dari atas terlihat lebar tangga tidak membesar dibagian bawah sana. Sebaliknya bila berdiri dari bawah, tangga terlihat sangat mengecil keatas, berakhir di patung Richelieu, menimbulkan efek megah…..lagi lagi tipuan optik.

Disamping Potemkin Steps terdapat funicular, kereta shuttle dari atas kebawah, bisa digunakan gratis untuk yang tidak mau pakai tangga.

Pengalaman turun kelihatannya dekat, yang terlihat hanya 10 lapis karena tidak terlihat anak tangganya, tapi kok tidak habis habis , sedangkan waktu naik sepertinya sangat terjal karena yang terlihat 192 anak tangga semua, sama juga rasanya tidak sampai sampai , tapi tidak melelahkan karena ada 20 langkah jalan rata sebelum naik lagi. Seluruh tangga ini terbuat dari granit rose grey, tapi entah kenapa bagian datarnya malah dilapis aspal.

P1080460

Diatas adalah foto bonus, didaerah dekat Potemkin steps. Dari jauh terlihat seperti tampak bangunan asli, setelah dekat ternyata itu hanya layar penutup proyek entah renovasi atau bangunan baru…ketipu lagi.

Advertisements

5 thoughts on “Potemkin steps – Optical Illusion stairs

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s