Open Air Museum Pirogovo

Open Air Museum seluas 150 hektar di selatan Kyiv ibukota Ukraine, dibuat untuk mengumpulkan bangunan2 bersejarah dari abad 16-20, tepatnya di Pirogovo.  6 wilayah yang ada di Ukraine kuno, ditampilkan di Pirogovo mulai dari bangunan tua yang dipindahkan dari wilayah aslinya  beserta seluruh isinya. Bagaimana memindahkan bangunan tua yang mungkin  beratus ratus kilometer jaraknya dari Pirogovo? Sebagian besar bangunan bersejarah yang dipindahkan terbuat dari kayu, dimana wilayah Ukraine dahulu mayoritas terdiri dari hutan, sehingga budaya yang melekat adalah kepandaian mengolah kayu untuk berbagai aspek kehidupan.  Itulah sebabnya Open Air Museum itu sampai sekarang masih terus melengkapi koleksinya dengan cara membongkar satu persatu komponen bangunan, mencatat dan merakit kembali di Pirogovo. Dapat dimengerti mengapa untuk memindahkan satu bangunan bisa memakan waktu bertahun tahun, sebab melibatkan banyak tenaga ahli dari berbagai disiplin ilmu untuk mempertahankan keasliannya. Bangunan tertua yang dipindahkan adalah rumah yang dibangun tahun 1587, dan bangunan gereja yang dibangun tahun 1742.  Hanya sayangnya tidak ada keterangan secuilpun ditiap benda yang ada disana, baik dalam bahasa Inggris atau huruf cyril .

Digerbang entrance diperlihatkan peta peta pembagian wilayah Ukraine dari sudut budaya, bahasa dan status pemerintahan dari masa ke masa. 6 wilayah Ukraine yaitu Naddnipryanshchina , Slobozhanschina, Polissya, Podillya, Tavrya dan Carpathians masing masing mendapat area untuk memamerkan karya seni dan kerajinan unggulan  dibangunan replica  disekitar bangunan bersejarah yang mewakili wilayahnya.    Wujudnya seperti kampung buatan dengan landscape ditata sesuai dengan aslinya,  ada rumah tinggal lengkap dengan isinya yang semuanya barang2 tua  yang lazim digunakan pada masanya dulu,  ada bangunan lumbung,  gereja, sekolah . Penjaganya  mengenakan kostum tradisional, rata-rata perempuan tua yang entah kenapa mereka selalu menolak dengan wajah garang untuk difoto. Padahal kostum mereka cantik , warna warni berlapis lapis, berhias bordir bunga bunga cerah. Bangunan hanya boleh difoto dari luar, sedangkan bagian dalam ruang ruang semuanya dibatasi dengan tali silang menyilang, dengan tanda larangan memotret.  Saya berhasil membujuk seorang penjaga yang mengijinkan berfoto didalamnya.

P1070976

Dikampung lainnya ada permainan alat music hammered dulcimer, alat music dari kotak kayu berbentuk trapezium berdawai banyak, cara memainkannya disentuh dengan alat dari kayu kecil dinamakan malet. Bunyinya berdenting jernih menembus pepohonan rimbun disekitarnya. Saya membeli CD rekaman permainan instrument ini karena terpesona sama penabuhnya.

IMG_0629

Jarak antara wilayah yang satu dengan lainnya berjauhan, dipisahkan oleh lapangan berumput dihubungkan dengan jalan aspal, dan hanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Seharian disana saya hanya berhasil mencapai 3 wilayah berbeda, dengan jalan kaki sekitar 8 km. Ketika saya berjalan menuju wilayah ke 4 berpapasan dengan turis yang sudah kembali dari sana dan bertanya apakah ada sesuatu yang heboh, mereka menjawab mirip mirip dan tidak lebih istimewa, lalu saya memutuskan batal dan kembali ke gerbang utama. Sudah cukup melelahkan jalan mendaki mengelilingi 3 area. Gambaran umum dari atraksi ini adalah seperti Taman Mini Indonesia Indah.

Advertisements

13 thoughts on “Open Air Museum Pirogovo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s