Malecón 2000

IMG_2286

Malecón 2000 membentang sepanjang 2,5 km ditepi sungai Guaya, ditengah  kota Guayaquil, kota pelabuhan di Ecuador. Sungai Guaya berwarna kuning keruh, seperti kebanyakan sungai didaerah tropis. Penduduk lokal sangat menghargai area publik ini. Pada pagi dan siang hari tempat ini dipenuhi oleh mahasiswa dan pelajar, mereka berdiskusi dan membaca di taman, di plaza, di halaman rumput dan di deck .Sore hari terlihat banyak pekerja lepas kantor yang bercengkerama, jogging, bersepeda dan memanfaatkan alat2 olah raga ditaman. Keluarga juga banyak memanfaatkan tempat ini disore hari untuk membawa anak anak bermain di taman.

Malecón 2000 ini sangat terpelihara kebersihannya, sehingga mendapat penghargaan dari WHO sebagai area public yang sehat. Guayaquil bukan ibukota negara, didaerah Amerika Selatan, memiliki proyek seperti ini adalah suatu prestasi  dan bukti bahwa bukan hanya kota metropolitan saja yang bisa punya publik area tertata baik, mengingat sejarahnya dulu lokasi tersebut adalah tempat yang kumuh, dengan tingkat kriminalitas dan prostitusi yang tinggi.

Berjalan jalan seharian disana rasanya nyaman dan aman, security guard ada dimana mana, tidak ada sampah,tidak ada pedagang asong yang berkeliaran. Jumlah gerobak penjual minuman juga rupanya dikendalikan, tersebar merata disepanjang  broadway , dengan bentuk dan penjual berseragam sama. Begitu juga kios Ice Cream hanya ada beberapa dengan jarak yang berjauhan. Café dan restoran ada di lantai bawah broadway, tersambung dengan area parkir.

Gerbang utama berada diujung jalan 9 de Octubre, fokusnya ada pada plaza dengan La Rotonda berhiaskan patung Simon Bolivar dan Jose de San Martin, keduanya tokoh pejuang Amerika Selatan melawan penjajahan Spanyol.  Disana ada juga patung Presiden Ecuador , Carlos Alberto Arroyo del Rio yang lahir di Guayaquil.

Transportasi darat di Guayaquil jaman dahulu didominasi moda kereta api. Untuk mengenang masa itu, diletakkan gerbong kereta api antik, lengkap dengan pergola peneduh yang didesign sebagai simbolis rel kereta. Ada dermaga Yacht Club dan Naval Club, ada juga dermaga kapal kecil untuk short cruise menyusuri sungai Guaya, tapi kapal sederhana, penumpangnya kebanyakan orang lokal.

Dibagian Utara dari broadway ada theater IMAX ( IMAX yang pertama ada di Amerika Selatan ya yang ini), ada planetarium , Museum Archeology dan Art&Contemporaty Gallery. Khusus di area gallery, ada tribune terbuka diluarnya, berlatar belakang sungai Guaya untuk tempat pagelaran , pertunjukan atau pameran. Mall ditempatkan diujung paling Selatan broadway. Suatu public area yang lengkap, mendidik dan sehat.

Advertisements

8 thoughts on “Malecón 2000

    • justru itu hebatnya, kalau di US atau Eropa bersih gitu sih ga heran, ini di Latin Amerika lho..salut banget sama bersih dan tertibnya..budget ke Latin wah, susah ngomong..nginap2 di hostel murah, sehari max20USD private room, kalo dorm cuma 8-12USD, transp darat juga ga mahal, pesawatnya yg mahal, sekalipun pakai all airpass. nanti sy tulis caranya pake all airpass,bisa dapat setengah harga normal.

      Like

  1. Pingback: Artwork di Malecón 2000 | fe's world

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s