Western Union

WU_header_logo.184.46

Western Union adalah agen yang melayani pengiriman uang antar negara selain bank.  Tidak perlu keanggotaan atau menjadi nasabah untuk dapat memakai jasa WU.
Kantor Western Union tersebar diseluruh dunia, bisa ada di bank, kantor pos, kios money changer, atau kantor khusus yang memasang logo WU.  Uang yang dikirim adalah mata uang lokal tempat pengiriman, dan diterimakan dalam mata uang lokal si penerima.

Prosesnya mudah dan biayanya juga relatif ringan. Cukup datang ke cabang WU, mengisi slip pengiriman, serahkan uang sejumlah yang ingin dikirim, selesai. Yang perlu dicantumkan di slip HANYA nama  dan Negara si penerima, penting diingat bahwa penulisan nama penerima harus persis sama dengan kartu identitas yang dipakai untuk pengambilan uang dinegaranya. Kemudian agen akan memberikan tanda terima berupa slip dengan Money Transfer Control Number (MTCN) terdiri dari 10 digit angka disudut kanan atas. MTCN ini yang harus dicantumkan penerima uang di slip penarikan.

Amankah mengirim uang dengan WU? Kita hanya menuliskan Nama dan Negara sebagai tujuan pengiriman. Seandainya kita mengirim kepada Wati, Indonesia , bukankah berjuta juta orang dengan nama Wati diseluruh Indonesia? Setiap orang yang bernama Wati di Indonesia berhak mencairkan uang tersebut, selama dia menyebutkan MTCN yang sesuai.  Jadi seharusnya aman selama MTCN hanya diberitahukan kepada Wati yang dimaksud.

Cara ini sangat efektif untuk traveler yang kehabisan uang diperjalanan. Cukup minta kiriman dari tanah air, dengan menyebutkan lokasi pada saat itu berada. Dengan menunjukkan paspor dan MTCN ke cabang WU, kiriman uang dapat dicairkan dalam bentuk mata uang setempat.

Berikut ini contoh slip pengiriman uang via WU

Western Union slip

 

Advertisements

13 thoughts on “Western Union

  1. yup bener gampang bener urusannya. soalnya pernah dikirimin duit sama abang pas di Kathmandu. deket hotel ada bank trus ada layanan WU juga. prosesnya cepat. nunjukin paspor langsung cair deh. cuma yng ngirim duitnya agak nyesek kali ya, soalnya biaya adm nya gede hehhe

    Like

  2. Haha.. baca ini saya jadi ngikik sendiri. Saya langganan WU, moneygram dan RIA. Berhubung lokasi saya yg nomad, saya dianjurkan memakai gold member mrk. Ga usah pake pasport krn kartu itu sudah mengandung data kita. Sekrg sudah jarang pake jasa tsb, paling kalo kepepet doang.
    salam kenal mbak fe 🙂

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s