Visa Ukraine


Apply visa untuk masuk Ukraine ternyata juga tidak mudah, walaupun ada kantor konsulatnya di Jakarta.

Agak beda dengan syarat pengajuan visa kenegara negara lain , kedutaan Ukraine mewajibkan terbitnya surat undangan dari biro pariwisata yang dilegalisir departemen pariwisata Ukraine. Nah …. Ruwet juga, mana waktunya sudah agak agak mepet dengan tanggal keberangkatan.

Terpaksa saya harus booking tour untuk mendapatkan undangan dari travel agent yang berlisensi, terdaftar dan diakui Pemerintah Ukraine. Korespondensi sama si agent sih berbahasa Inggris, tapi surat yang saya minta dikirim dalam bentuk huruf cyrill..entah apa artinya.

Ukraine UndanganUkraine Undangan2

Berbekal surat itu saya menghadap ke konsulat Ukraine. Kantornya kecil, staffnya cuma 2 orang, satu orang indo, satunya Ukraine cowo yang ganteng luar biasa. Si ganteng ini yang melayani saya, diperiksanya berkas berkas yang saya bawa, dan saya tunjukkan surat undangannya. Betul semua sudah lengkap, berarti saya berhak dapat visa.

Masalahnya tidak selesai sampai disitu. Setelah dibuatkan visa di passport dan sah, masih ada satu surat yang diterbitkan di Ukraine, harus dalam bentuk asli pada waktu ditunjukkan di Immigrasi check point nanti.

Berarti harus tunggu dokumen itu dikirim dari Ukraine sampai Jakarta katanya sekitar 2 minggu. Waduuuh….padahal tanggal keberangkatan saya tinggal seminggu dari waktu itu, walaupun masuk Ukraine masih 20 hari kemudian. Pokoknya tanpa dokumen asli itu tidak akan diijinkan masuk Ukraine kata si ganteng. Lalu saya minta dokumen asli itu dikirim ke Amsterdam, ke alamat family yang tinggal disana, karena base point saya Amsterdam.

Untung diperbolehkan. Kirim surat dari Ukraine ke Amsterdam harusnya lebih cepat daripada kirim ke Jakarta.

Route saya ke Amsterdam, lalu keliling Spanyol, Portugal dan Morocco, total 2 minggu, balik lagi Amsterdam untuk route timur pakai Eurail, mampir mampir beberapa Negara baru masuk Ukraine.

Ternyata sampai saya tiba di Amsterdam suratnya belum sampai. Jadi selama saya keliling Spanyol, sambil berdebar tiap hari saya cek via email apakah dokumen saya sudah sampai ke Amsterdam. Ketika saya ada di Portugal, dapat kabar bahwa dokumen dari Ukraine sudah sampai…Thanks God..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s