Apply visa Guatemala, Bolivia..

Apply visa untuk negara yang tidak punya kedutaan / perwakilan di Indo cukup merepotkan.

Pada waktu saya ingin ke Guatemala, sibuklah cari info tentang visa masuk negara itu. Kebetulan beberapa saat sebelumnya anak dari seorang teman baru pulang dari Guatemala, dan saya dapat informasi visanya dapat di atase New York. Wah , masa saya harus ke New York untuk minta visa Guatemala??

Dari official website Guatemala, info nya visa untuk region Asia hanya ada di Tokyo Jepang..buseeet!!!

Lalu saya cari akal, mungkin bisa minta visa dari Negara tetangga dekat dekatnya . Negara yang saya singgahi sebelum rencana masuk ke  Guatemala adalah Ecuador, jadi saya cari info ke atase Guatemala yang berdomisili di Quito ibukota Ecuador.

Cari cari di website dapatlah nomor telepon kedutaannya. Saya mau tahu pasti apakah mungkin minta visa di Quito. Saya telpon ke Quito, yang terima tidak bisa berbahasa Inggris, lalu saya sebut sebut visa, rupanya dia mengerti , diberi nomor telepon lainnya…nyebutnyapun bahasa sepanyol..hedeeew….saya catat pelan pelan sambil mengeja…untung saya mengerti bahasa sepanyol sedikit sedikit, sebatas bahasa turis yang penting2 , angka angka dan hari hari.

Telpon lagi ke nomor itu yang terima berbahasa Inggris, syukurlah.. lalu saya sampaikan maksud selengkap lengkapnya. Sipenerima tidak bisa langsung memastikan, dia bilang harus tanya ke departemen luar negeri dulu, karena status pemegang paspor Indonesia tidak ada di databasenya, saya diminta telpon setengah jam lagi.

Telpon sekali lagi tiga puluh menit berikutnya, langsung dia menanyakan apakah saya punya visa Amerika, dan saya jawab punya. OK bisa, datang saja kealamat blablabla…persis seperti yang saya dapatkan dari website. Saya juga memastikan sehari bisa selesai, serta data apa saja yang perlu dibawa pada saat apply. Hanya diperlukan paspor, pasfoto dan copy credit card , biayanya USD30. Semua saya persiapkan dari Indonesia.

Begitu tiba di Quito, saya  langsung menuju ke atase Guatemala, letaknya digedung perkantoran tua ditengah kota. Di pintu masuk gedung, saya ditanya tanya mau kemana dan setelah saya bilang mau ke kedutaan Guatemala, petugasnya konfirmasi ke sana, lalu dia juga yang menggiring saya ke lantai 3 pakai lift tua yang pintu masuknya besi model harmonica, digeser manual.

Sampai di lantai 3 dia menunjuk ke pintu kayu yang sama tuanya, setelah saya menekan bel terbukalah jendela kecil di pintu untuk melihat tamu, baru pintu kayunya dibuka. Ruangannya kecil, carpetnya sudah tua dan gundul disana sini, suasananya juga suram dan warna panel2 dindingnya kayu warna gelap. Persis suasana kantor2 pemerintahan di Jakarta era tahun delapan puluhan.

Setelah saya menyerahkan formulir yang harus diisi, berikut berkas2 yang diminta, satu jam berikutnya baru saya dipanggil masuk ruangan yang ditunjuk.

Disana duduk seorang wanita yang ternyata dialah duta besarnya, cantik setengah tua, ramah dan berbahasa inggris fasih. Dengan dialah saya berkomunikasi lewat telepon sekian bulan sebelumnya. Beliau ingat betul telfon dari saya, berhubung baru sekali  itu ada kejadian pemegang paspor Indonesia mau minta visa ke Guatemala di Quito. Jadilah interview seperti ngobrol ngobrol. Dia tanya alasan saya ke Gutemala, sudah lengkapkah tiket dan akomodasi selama di Guatemala, dan mau kemana saja di Guatemala. Saya bisa menjelaskan semuanya, dan saya perlihatkan confirmasi tiket pesawat pp, hotel yg sudah siap semua. Akhirnya saya dipersilakan bayar biaya visa di kasir dan suruh kembali besok untuk mengambil paspor dan visanya. Muchas gracias Senora ambassador….

Proses yang sama saya jalani pada waktu mengajukan visa masuk Bolivia, apply dari perwakilan di Lima (Peru). Cuma lebih sederhana, tanpa wawancara, tanpa biaya dan pagi masuk permohonan, sore sudah bisa diambil. Detail pengajuan visa Bolivia ada di sini .

Alamat Bolivia Embassy di Quito (Ecuador)

Avenida Republica de El Salvador no 733

Edificio Gabriela III Piso3 – Quito, Ecuador

tel (english) +593 2 2459700

Alamat Guatemala Embassy di Lima (Peru)

Los Castanos 235, San Isidro – Lima , Peru

tel (english) +511 4228231

12 thoughts on “Apply visa Guatemala, Bolivia..

  1. Salam kenal mbak Fe,

    Trima Kasih atas banyak informasi dan pengalaman yang mbak Fe telah bagikan melalui blognya. Kebetulan saat ini saya membutuhkan informasi tentang visa untuk Mexico, Belize dan Guatemala. Dari blog lain saya menemukan info bahwa untuk visa ke Mexico bisa di apply di embassy negara tersebut di lokasi terdekat. Tetapi dari Wikipedia saya dapatkan info bahwa untuk pemegang paspor Indonesia, kita perlukan US Visa kalau mau ke Mexico dan Belize. Sedangkan untuk Guatemala tidak ada informasi. Saya jadi bingung nich mbak … Mana yang benar…?

    BTW, saya kagum dan salut atas keberanian mbak Fe berpetualang keliliing dunia dengan berbagai tantangan dan kesulitan atau kerepotan yang mbak hadapi mulai dari pengurusan visa. Sebab saya juga kurang lebih mengalami hal yang sama (untuk pengurusan visa), walaupun negara-negara yang saya kunjungi belum sebanyak seperti yang mbak kunjungi, dan saya lebih sering ikut arranged travel dengan group daripada backpacker-an.

    OK, sementara begini saja tanggapan dan pertanyaan saya.

    Salam, YusTika (panggil saja Tika)

    Like

    • Tika, mbak coba jelaskan lagi ya, keterangan dari Wikipedia betul, untuk masuk Mexico secara free (tanpa bayar visa fee) harus punya US visa, sedangkan untuk masuk Belize tetap harus bayar Visa on Arrival walaupun punya visa US. Kalau tidak punya visa US, baik masuk Mexico maupun Belize harus apply visa (bayar). Dulu sebelum 2011 mba juga harus apply visa untuk ke Mexico (walaupun punya visa US), kunjungan berikutnya setelah 2011 tidak perlu buat visa lagi .
      Thanks ya buat salute nya…keberanian mbak jalan sendiri asal mulanya karena ingin ke tempat tempat yang jarang diminati orang Indonesia, jadi ga pernah berhasil cari teman jalan…Thanks God nekat kok ya bisa, jadi selanjutnya ga usah pusing2 cari teman lah…toh ga bakal ada yang mau diajak nge trip ke tempat tempat sulit.
      Maksudnya arranged travel dengan grup itu semacam private tour? Justru mbak ga suka kalau bareng banyak orang, bisa beda2 keinginan jadi ga bebas mau kemana mana. Tetap sih garis besarnya direncanakan, tapi local destination nya biasa mbak lakukan tergantung situasi di tujuan. Kadang malah dapat obyek2 asik berdasarkan ngobol2 sama orang lokal. Salam..

      Like

      • Mbak Fe yang baik,

        Trima Kasih atas penjelasannya. Ya, saya dan suami lebih sering (90%) traveling dengan arranged (package) group tour. Karena kami merasa lebih nyaman kalo sebagian besar urusan akomodasi, transport, guide, dll sudah diurus oleh travel agen. Untuk urusan visa kadang2 diurus oleh travel agen, tetapi tidak jarang ya masih tetap harus mengurus sendiri.

        Memang resikonya kalo traveling dengan group, mau tidak mau kita “terikat” dengan banyak orang dengan keinginan, karakter dan sifat yang berbeda-beda. Tetapi pada prinsipnya kan ada “guidelines” dan program tour yang bisa dijadikan pegangan, dan juga tour leader yang bertugas “menyatukan atau menengahi” keinginan yang kadang berbeda-beda.

        Demikian tanggapan saya. Salam, Tika

        Liked by 1 person

  2. Mau tanya Mbak, saya dapat invitation ke Guatemala, masalahnya saya tidak punya visa amerika, bagaimana caranya mendapatkan visa guatemala?
    tiket dan akomodasi disiapkan dari Guatemala.
    Terjmakasih.

    Like

    • Janna, visa Guatemala tidak mengharuskan punya visa US, hanya memudahkan. Caranya ya minta dari negara tetangga terdekat yang punya kedutaan/konsulat Guatemala. Yang jelas di Indonesia tidak ada kedutaan/konsulat Guatemala. Coba diskusi sama sponsornya. kalau kantor/perusahaan yang mengundang, barangkali mereka bisa kasih saran sebaiknya dari mana minta visa nya. Salam

      Like

  3. Mbak, Utk Visa Guatemala saya sarankan untuk membuat langsung di Mexico. Ada yang bilang bisa lewat Jepang tapi prosesnya sangat rumit dan respon sangat lama.

    Baru-baru kami bepergian ke Guatemala (Maret 2016) proses SANGAT MUDAH DAN CEPAT. Di Meksiko, kami datang dan langsung menuju ke kedutaan Guatemala. Kami dilayani oleh Mr.Jose Andrés. Jika ingin bertanya, silahkan telepon langsung ke kedutaannya, jangan e-mail karena gak bakal direspon.

    Utk persyaratan juga mudah, hanya :
    2 copies passport
    2 copies US visa / Schengen visa (jika mempunyai akan mempermudah)
    2 copies international credit card with my name. (untuk menjamin)
    Flight tickets round trip
    2 copies FM form : kartu yang diberikan saat kita sampai di Mexico. (fotokopi aja di airport)
    – note: Bank Statement TIDAK dibutuhkan.

    Semoga sharing ini berguna

    Regards,
    Christian

    Like

  4. Dear Mbak Fe, trima kasih sekali infonya. Saya sedang kebingungan sekarang mencari info ke Guatemala. Kebetulan ada workshop disana tgl 15-17 Nov depan. Apakah memang sarannya lebih baik apply lewat mexico dan ecuador? Untuk kedua negara ini pemegang passport indo bebas visa ya? Kl membaca info mb fe dalam 1 hari bisa jadi ya visanya. Trims sekali mb infonya..salam

    Like

Leave a Reply

