Tollway di Israel

dsc04252-1Menikmati tollway di Israel terutama disekitar Tel Aviv, sangat menyenangkan. Jalannya mulus dan lebar2. Tetapi macet juga ada didekat daerah masuk kedalam kota.

Saya bertanya kepada pengemudi taxi yang saya tumpangi dari Jerusalem ke Tel Aviv, ketika menemui keadaan macet menjelang masuk ke Tel Aviv, mengapa tidak lewat  jalan tol? Lalu dia berkata bahwa dari tadi yang kita lalui adalah jalan tol.  Anehnya, tidak satupun gardu tol yang saya lihat saat kami lewat tadi. Kemudian dia menjelaskan bahwa ditiap2 mulut jalan tol terdapat kamera diatas jalan raya, yang merekam semua nomor plat kendaraan yang lewat. Sempat ditunjukkan kepada saya , kamera itu berbentuk kotak logam, digantung diatas jalan raya dengan seutas kawat baja yang melintang dari kiri kekanan ditunjang oleh tiang. Disetiap persimpangan jalan tol pasti ada kamera seperti itu.  Biaya tol dibebankan pada masing2 nomor plat mobil pada tiap bulan,dan ditagih ke alamat yang tercatat sebagai pemilik kendaraan, berdasarkan jumlah pemakaian yang dicatat oleh kamera.

Jadi tidak perlu ada gardu tol, tidak perlu menyiapkan uang, tidak perlu ada ticket yang akhirnya jadi sampah disekitar gerbang tol, dan tidak perlu ada antrian kendaraan pada perpindahan dari jalan tol ke jalan umum. Praktis , serba lancar dan nyaman.  Saya tidak tahu apakah seluruh jalan tol di Israel menggunakan kamera pencatat .

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s