Kotak sampah ramah lingkungan

Gerakan cinta lingkungan sudah menggema dimana mana diseluruh dunia.
Pemahaman dan penerapannya bisa melalui banyak cara.
Dengan banyak mengunjungi tempat tempat dibelahan dunia lain, saya melihat dan merasakan usaha2 menanamkan cinta lingkungan melalui cara2 yang kelihatannya sederhana, tapi mendidik semua tingkatan masyarakat untuk secara tidak langsung ikut melaksanakan misi besar tadi.
Contoh sederhana yang saya menarik perhatian saya adalah kotak sampah ditempat tempat umum ,yang didisain sederhana, rapih, terdiri dari 3 atau 4 kotak berderet ,berfungsi menampung jenis2 sampah berbeda, dilengkapi dengan gamba
r simbol2 yang bisa dimengerti oleh siapapun.
Fungsi kotak2 sampah itu adalah mengarahkan orang yang akan membuang sampah untuk memasukkan kedalam kotak yang sesuai dengan jenis nya, bahkan saya yang biasa menjumpai satu kotak sampah ‘umum’, begitu melihat ada 4 kotak disana, secara otomatis langsung tergugah untuk memerhatikannya.
Biasanya simbolnya berupa gambar simbolis seperti tanda2 lalu lintas, ada symbol sampah recycle /kertas, sampah metal dengan gambar kaleng minuman, sampah plastic dengan gambar botol air mineral, dan sampah2 lain. Diatas masing2 kotak sampah kadang terdapat asbak untuk membuang puntung rokok.
Terlihat bahwa lingkungan yang memiliki tempat2 sampah seperti itu bersih.
Sangat mendidik semua lapisan masyarakat untuk membantu memilah jenis sampah, juga memudahkan petugas dinas kebersihan pada waktu melaksanakan tugasnya. Disamping itu tujuan utama menjaga kelangsungan ekologi dan kebersihan tercapai.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s