Biggest Laundry in Mumbay

Kunjungan saya ke Mumbay kali ini membawa pada laundry terbesar yang pernah saya lihat. Yang mendampingi dan menghantar saya ke tempat itu adalah tukang ojek!!Pada suatu kawasan disebelah Selatan Mumbay, daerah tepi laut … terdapat kompleks didaerah perumahan kelas bawah,dimana jalan masuknya berupa lorong2 sempit yang berujung suatu tempat terbuka dengan pemandangan yang menakjubkan.

Sebuah lapangan dengan bak2 terbuat dari bata yang disemen, ukuran 1m x 1.5m setinggi 70 cm berjajar kurang lebih jumlahnya ada 100 buah.Masing2 bak itu punya keran air dan saluran pembuangan.Bak2 yang berjajar itu masing2 berisi air  keruh setinggi kira2 20 cm, dimana didalamnya ada pakaian2 yang sedang dicuci dengan cara diinjak injak oleh orang yang ada didalamnya , masing2  seorang dalam 1 bak. Itu proses mencuci, tapi tidak terlihat busa sabun .Di bak lain dalam kondisi tidak berisi air, yang sedang dilakukan orang didalamnya adalah memukul mukulkan pakaian ke tembok batu dibibir bak. Berulang ulang sehingga air bercipratan kemana mana, itu proses spin kalau di mesin cuci.Yang mengerjakan itu semuanya pria.

Tidak ada yang aneh kalau itu adalah tempat cuci umum seumpamanya,tapi….. ternyata disana adalah tempat laundry yang dikelola oleh pemerintah !! Itu baru aneh, belum pernah dengar sebelumnya.Tempat seperti itu ada 2 diseluruh kawasan Mumbay, keduanya dikendalikan oleh pemerintah, yang mengharuskan semua jasa laundry menggunakan fasilitas pemerintah .Sarana kerja, rekrut karyawan ( memberdayakan tenaga buruh dari daerah Assam /Utara India yang minus) , dan administrasi lain lainnya dijalankan dan diawasi pemerintah.Jangan heran kalau dideretan jemuran yang ada disekeliling area bak2 cuci itu terdapat label2 hotel yang ada di Mumbay. Selimut,sprei,sarung bantal dan handuk hotel ada disana semua. Jadi….sampai hotel langsung saya pakai handuk bawaan dari rumah.Tetapi aneh juga melihat bagaimana keruhnya air yang dipakai mencuci ,kalau melihat jemuran sprei hotel yang digantung disana putih2, juga tidak berbau yang tidak sedap.Kalau masih belum yakin, dijalan besar diluar kompleks itu tiap pagi berderet mobil2 van dengan merk macam2 hotel parkir disana. Pastinya untuk drop dan ambil cucian.

 

Advertisements

2 thoughts on “Biggest Laundry in Mumbay

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s